Oke bagi anda yang lagi mencar referensi tentang Perilaku Di Pasar Industri, baca sampe selesai ya,, berikut penjelasannya.
1. Berbagai Situasi Pembelian Utama
|
Pembelian Ulang sepenuhnya
Merupakan situasi pembelian di pasar
industri yang ditandai oleh pembeli secara rutin
memesan ulang sesuatu tanpa ada modifikasi.
|
Pembelian ulang dengan modifikasi
Situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh
pembeli ingin memodifikasi spesifikasi, harga, persyaratan, dan pemasok produk.
|
|
Tugas Baru
Situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh
pembeli membeli produk atau jasa untuk yang pertama kalinya.
|
Pembelian sistem
Pembelian penyelesaian masalah secara
terpaket dari satu penjual.
|
2. Peserta Proses Pembelian di Pasar Industri[1]
Unit pengambilan keputusan organisasi pembelian disebut “Pusat Pembelian “ yaitu semua individu dan unit yang berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan di pasar industri.
- Pemakai, Anggota organisasi yang akan mengunakan produk atau jasa, pemakai sering sebagai pencetus usulan pembelian dan membantu mendefinisikan spesifikasi produk.
- Pemberi Pengaruh, orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mempengaruhi keputusan pembelian, mereka sering membantu mendefinisikan spesifikasi dan juga menyediakan informasi untuk mengevaluasi sejumlah alternatif.
- Pengambil Keputusan, orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang memiliki kekuatan formal dan informasi untuk memilih atau menyetujui pemasok yang harus dipilih.
- Penjaga gawang, orang yang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mengendalikan arus informasi kepada orang lain.
3. Pengaruh Utama yang dihadapi Pembeli di Pasar Industri
a. Faktor-faktor lingkungan
1) Perkembangan ekonomi
2) Kondisi penawaran
3) Perubahan teknologi
4) Perkembangan peraturan dan kondisi politik.
5) Perkembangan persaingan.
6) Budaya dan adat-istiadat.b. Faktor-faktor organisasi : Tujuan, Kebijakan, Prosedur, Struktur Organisasi, dan Sistem.
c. Faktor-faktor antar pribadi : Otoritas, Status, Empati, Kemampuan mempengaruhi orang.
d. Faktor-faktor individu : Umur, Pendidikan, Posisi jabatan, Kepribadian, dan Sikap terhadap resiko.
4. Proses Pembelian di Pasar Industri
- Penganalan Masalah. Tahap pertama dalam proses pembelian di pasar industri ketika seorang di perusahaan tertentu mengenali adanya masalah atau kebutuhan yang dapat dipecahkan dengan memperoleh barang atau jasa tertentu.
- Penjabaran Kebutuhan secara Umum. Tahap dalam proses pembelian dipasar industri ketika perusahaan tersebut menjabarkan secara umum karakteristik dan kuantitas barang yang dibutuhkan.
- Spesifikasi Produk. Tahapan ketika organisasi pembeli memutuskan dan menspesifikasikan karakteristik produk yang secara teknis terbaik atas barang yang dibutuhkan.
- Analisis Nilai. Pendekatan pengurangan biaya dimana semua komponen dipelajari secara seksama guna menentukan apakah dapat dirancang ulang, distandarisasikan atau dibuat dengan metode produksi yang lebih baik.
- Pencarian Pemasok. Tahapan ketika pembeli berusaha mendapatkan pemasok terbaik.
- Pengumpulan Proposal. Tahapan ketika pembeli mengundang pemasok yang memenuhi syarat untuk mengajukan proposal.
- Pemilihan Pemasok. Tahapan ketika pembeli mengulas proposal dan memilih satu atau beberapa pemasok.
- Spesifikasi pesanan rutin. Tahapan ketika pembeli menulis pesanan akhir kepada pemasok terpilih, membuat daftar spesifikasi, kuantitas yang dibutuhkan, waktu penyerahan yang diharapkan, kebijakan pengembalian barang dan garansi.
- Penilaian Kinerja. Tahapan ketika pembeli memeringkat kepuasannya terhadap pemasok, sambil mengambil keputusan apakah akan melenjutkan, memodifikasi atau memutuskan perjanjian hubungan tersebut.
[1] John Hendri, Riset Pemasaran.pdf, page 3-4.

0 Response to "Materi Perilaku Di Pasar Industri "
Post a Comment