Materi Perilaku Di Pasar Industri

Setelah sebelumnya saya membahas tentang Pengertian Pasar Industri dan Karakteristiknya, kali ini masih berhubungan dengan Pasar Industri saya coba mengupas masalah Perilaku Di Pasar Industri, dimana kedua materi ini masih saling berhubungan.
Oke bagi anda yang lagi mencar referensi tentang Perilaku Di Pasar Industri, baca sampe selesai ya,, berikut penjelasannya.

1. Berbagai Situasi Pembelian Utama

Pembelian Ulang sepenuhnya
Merupakan situasi pembelian di pasar
industri yang ditandai oleh pembeli secara rutin memesan ulang sesuatu tanpa ada modifikasi.
Pembelian ulang dengan modifikasi
Situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli ingin memodifikasi spesifikasi, harga, persyaratan, dan pemasok produk.

Tugas Baru
Situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli membeli produk atau jasa untuk yang pertama kalinya.

Pembelian sistem
Pembelian penyelesaian masalah secara
terpaket dari satu penjual.


2. Peserta Proses Pembelian di Pasar Industri[1]
Unit pengambilan keputusan organisasi pembelian disebut “Pusat Pembelian “ yaitu semua individu dan unit yang berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan di pasar industri. 
  • Pemakai, Anggota organisasi yang akan mengunakan produk atau jasa, pemakai sering sebagai pencetus usulan pembelian dan membantu mendefinisikan spesifikasi produk.
  • Pemberi Pengaruh, orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mempengaruhi keputusan pembelian, mereka sering membantu mendefinisikan spesifikasi dan juga menyediakan informasi untuk mengevaluasi sejumlah alternatif.
  • Pengambil Keputusan, orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang memiliki kekuatan formal dan informasi untuk memilih atau menyetujui pemasok yang harus dipilih.
  • Penjaga gawang, orang yang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mengendalikan arus informasi kepada orang lain.
3. Pengaruh Utama yang dihadapi Pembeli di Pasar Industri
                 a.  Faktor-faktor lingkungan
1)    Perkembangan ekonomi
2)    Kondisi penawaran
3)    Perubahan teknologi
4)    Perkembangan peraturan dan kondisi politik.
5)    Perkembangan persaingan.
6)    Budaya dan adat-istiadat.b.      Faktor-faktor organisasi : Tujuan, Kebijakan, Prosedur, Struktur Organisasi, dan Sistem.

c.  Faktor-faktor antar pribadi : Otoritas, Status, Empati, Kemampuan mempengaruhi orang.
d.  Faktor-faktor individu : Umur,  Pendidikan, Posisi jabatan, Kepribadian, dan Sikap terhadap resiko.

4.  Proses Pembelian di Pasar Industri
  1. Penganalan Masalah. Tahap pertama dalam proses pembelian di pasar industri ketika seorang di perusahaan tertentu mengenali adanya masalah atau kebutuhan yang dapat dipecahkan dengan memperoleh barang atau jasa tertentu.
  2. Penjabaran Kebutuhan secara Umum. Tahap dalam proses pembelian dipasar industri ketika perusahaan tersebut menjabarkan secara umum karakteristik dan kuantitas barang yang dibutuhkan.
  3. Spesifikasi Produk. Tahapan ketika organisasi pembeli memutuskan dan menspesifikasikan karakteristik produk yang secara teknis terbaik atas barang yang dibutuhkan.
  4. Analisis Nilai. Pendekatan pengurangan biaya dimana semua komponen dipelajari secara seksama guna menentukan apakah dapat dirancang ulang, distandarisasikan atau dibuat dengan metode produksi yang lebih baik.
  5. Pencarian Pemasok. Tahapan ketika pembeli berusaha mendapatkan pemasok terbaik.
  6. Pengumpulan Proposal. Tahapan ketika pembeli mengundang pemasok yang memenuhi syarat untuk mengajukan proposal.
  7. Pemilihan Pemasok. Tahapan ketika pembeli mengulas proposal dan memilih satu atau beberapa pemasok.
  8. Spesifikasi pesanan rutin. Tahapan ketika pembeli menulis pesanan akhir kepada pemasok terpilih, membuat daftar spesifikasi, kuantitas yang dibutuhkan, waktu penyerahan yang diharapkan, kebijakan pengembalian barang dan garansi.
  9. Penilaian Kinerja. Tahapan ketika pembeli memeringkat kepuasannya terhadap pemasok, sambil mengambil keputusan apakah akan melenjutkan, memodifikasi atau memutuskan perjanjian hubungan tersebut.


[1] John Hendri, Riset Pemasaran.pdf,  page 3-4.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Perilaku Di Pasar Industri "

Post a Comment