Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Pasar industri adalah pasar dimana konsumen membeli suatu produk industri bukan untuk kepentingan indiividu melainkan untuk kepentingan suatu badan usaha atau organisasi. Konsumen industri terdiri atas badan usaha perorangan , perusahaan, lembaga, atau organisasi yang membeli produk industri dengan tujuan untuk memproduksi produk lainnya, mendapatkan keuntungan, mengurangi biaya-biaya, dan lain-lain.[1]
KARAKTERISTIK PASAR INDUSTRI[2]
1.
Struktur dan Permintaan Pasar.
a. Pasar Industri memiliki lebih sedikit pembeli tetapi
lebih besar nilainya.
b. Pelangan pasar iIndustri lebih terkonsentrasi secara
geografis.
c. Permintaan pembeli industri merupakan turunan dari
permintaan konsumen akhir.
d. Permintaan di pasar industri lebih inelastic – kurang
terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek.
e. Permintaan di pasar industri lebih berfluktuatif dan
lebih cepat.
2.
Sifat unit pembelian
a. Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak
pembeli.
b. Pembelian dipasar industri melibatkan usaha pembelian
yang lebih professional.
3.
Berbagai tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan.
a. Pembeli di pasar industri biasanya menghadapi pengambilan
keputusan yang kompleks.
b. Proses pembelian industri lebih formal
c. Dalam pembelian di pasar industri, penjual dan pembeli
bekerja lebih erat dan membangun hubungan jangka panjang.
Oke sob itula pembahasan tentang Pengertian Pasar Industri dan Karakteristiknya yang bisa saya jelaskan pada kesempatan ini, jangan lupa untuk selalu buka Materi Perbankan Syari'ah untuk mendapatkan materi-materi terbaru tentang PS.
0 Response to "Pengertian Pasar Industri dan Karakteristiknya"
Post a Comment