Pengertian Pasar Industri dan Karakteristiknya

Alhamdulillah hari ini saya update lagi Materi Perbankan Syariah setalah sebelumnya saya membahas tentang pengertian risiko pasar dan Jenis general market risk kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Pasar Industri dan Karakteristiknya. dimana materi ini akan kita jumpai didalam mata kuliah Manajemen Pemasaran.


Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Pasar industri adalah pasar dimana konsumen membeli suatu produk industri bukan untuk kepentingan indiividu melainkan untuk kepentingan suatu badan usaha atau organisasi. Konsumen industri terdiri atas badan usaha perorangan , perusahaan, lembaga, atau organisasi yang membeli produk industri dengan tujuan untuk memproduksi produk lainnya, mendapatkan keuntungan, mengurangi biaya-biaya, dan lain-lain.[1]

KARAKTERISTIK PASAR INDUSTRI[2]


1.      Struktur dan Permintaan Pasar.
a. Pasar Industri memiliki lebih sedikit pembeli tetapi lebih besar nilainya.
b. Pelangan pasar iIndustri lebih terkonsentrasi secara geografis.
c. Permintaan pembeli industri merupakan turunan dari permintaan konsumen akhir.
d. Permintaan di pasar industri lebih inelastic – kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek.
e. Permintaan di pasar industri lebih berfluktuatif dan lebih cepat.

2.      Sifat unit pembelian
a. Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak pembeli.
b. Pembelian dipasar industri melibatkan usaha pembelian yang lebih professional.

3.      Berbagai tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan.
a. Pembeli di pasar industri biasanya menghadapi pengambilan keputusan yang kompleks.
b. Proses pembelian industri lebih formal
c. Dalam pembelian di pasar industri, penjual dan pembeli bekerja lebih erat dan membangun hubungan jangka panjang.


Oke sob itula pembahasan tentang Pengertian Pasar Industri dan Karakteristiknya yang bisa saya jelaskan pada kesempatan ini, jangan lupa untuk selalu buka Materi Perbankan Syari'ah untuk mendapatkan materi-materi terbaru tentang PS.



[1] Budiarto Subroto, Pemasaran Indutri Business to Business Marketing, hal 18.
[2] John Hendri, Riset Pemasaran.pdf, page 1.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pasar Industri dan Karakteristiknya"

Post a Comment